Sunday, June 1, 2008

Wayang is back!!!

Well, gue ngepost lagi.. gue pastiin ini adalah post terakhir gue sebelom UAS.. so, gue bakal hidup di dunia tanpa internet selama seminggu,, itu sih yang gue pengen, tapi liat aja ntar, paling gue langgar..

Kali ini gue bakal bahas wayang orang yang gue tonton di TVRI. Ga tau kenapa saat gue nglakuin rutinitas malam mingguan di depan kotak ajaib (baca: tivi), gak sengaja gue mencet channel 5 di remote gue. Yap! Itu TVRI, channel yang paling jarang gue liat, kalo kepencet paling lama juga 10-15 detik doang *kata nyokap gue pas masih muda, yang ada cuma ada TVRI. kalo gue hidup di jaman itu, mungkin gue uda bunuh diri*, terus buru-buru ganti ke O Channel (gue harap ini bukan channelnya Pak O. Haswari, guru ntut), ataupun yang lainnya.. Lantas apa yang terjadi?? Gue bisa mematahkan rekor gue buat stay tune di TVRI!! dan yang paling mencengangkan lagi, semua itu bisa terjadi karena acara wayang orang. FYI, di Indonesia yang memiliki berjuta macam kebudayaan, cuma TVRI yang masi exist nayangin acara yang kaya begonoan, jadi gak salah dong kalo kebudayaan kita banyak yang diclaim negeri asing??.

Back to TVRI, seperti acara wayang yang biasa.. dimulai dengan wayang yang disebut gunungan. FYI, biar namanya gunungan, tapi gak ada mirip-miripnya sama gunung manapun, dan gedenya gak segede gunung. Di TVRI gunungannya udah beda, maksud gue, formatnya kayak animasi gitu, jadi bukan kayak gunungan pas wayang kulit. Gue bakal komentarin satu-satu sesuai unsur intrinsik yang pernah Pak Joko ajarin. semoga kalo dia baca, nilai gue bisa ditambahin. Hehehe..

Alurnya jelas maju. Oia, perlu diingat bahwasanya gue cuma berhasil bertahan satu scene doang, pas lagi iklan gue langsung cabut ke toilet, dan terserang muntah berak (emang ada yah muntah yang isinya berak? huekk!!!). eh, gak deh. itu horor banget. Jalan ceritanya kurang lebih gini:

Maen gamelan dulu. Sedikit pamer: Dulu pas gue SD di Jogja ada pelajaran seni karawitan (main gamelan). Dan gue adalah penggebuk Gong yang tangguh, Sayangnya sekolah gue gak mampu beliin yang Zildjian. Terus keluar 2 orang cewek nan cantik jelita pake baju jawa yang dipake sampe atas dada, terus nari-nari gitu. Tapi jangan salah, gara-gara merekalah gue bisa takjub dan terpesona akan tarian jawa yang eksotik. Gue cengo selama beberapa menit dan melupakan semangkok mie yang lagi gue rebus untuk beberapa saat *sedikit kedodolan gue, untung gue keburu inget*.Jadi, salah satu kebudayaan bangsa ini ada di dalam kemben mereka. *Ralat, di dalam seni yang mereka bawakan. Ga tanggung! Iler gue netes segelas dan mata hampir buta gara-gara gak ngedip. FYI gue juga pernah nonton wayang orang di Prambanan. Gue lupa judulnya, ada Arjuna pokoknya. Sumpah, itu keren juga. Kalo ke Jogja musti kudu wajib harus nonton itu. kalo bisa sih yang OUTDOOR.. lebih punya TASTE.*cuma ada pas bulan purnama.

nah.. ini dia yang gue maksud.


Setelah sekian lama gue cengo, keluar lagi 4 orang penari lainnya. Pakaiannya masih seksi juga lho, tapi gak seribet yang dua tadi. Nari nari juga, dan sukses membuat gue cengo lagi , dan lagi.. ANJRIT!!! Feelnya sama kayak gue nonton Matt Bellamy di DVD MUSE ABSOLUTION TOUR..*sedikit ekstrim, bisa dibayangin kalo misalnya Matt Bellamy konser pake baju ala wayang jawa dan nari-nari sambil main gitar.. seisi rumah mungkin langsung horror karena ada 3 hal yang mungkin salah satunya gue lakukan:
1. Teriaak "I LOVE YOU MATT BELLAMY"
2. Bikin rumah banjir dengan iler gue.
3. Terdiam, pandangan hanya tertuju ke TV. Gak bereaksi apapun, bahkan saat adek gue kencingin gue..


Halah, over lu gus. Yang jelas tarian itu bikin gue terpesona..
Abis itu, para penari bikin formasi kayak huruf V, dan duduk mirip duduk antara dua sujud. (dapat gue pastikan mereka gak solat). Nah abis itu datanglah seorang laki-laki jenggotan pake kostum yang (seharusnya) gagah. Pada awalnya gue ragu orang ini laki-laki, soalnya tetenya kayak punya cewe. Untung dia jenggotan. Ternyata dia adalah bokapnya cewe yang dua tadi. Nah, ketemu lagi salah satu fakta tentang pribumi Indonesia: Gaya hidup yang gak sehat ternyata udah ada dari jaman wayang. Kebayang apa yang mereka makan. Apakah si semar gemar makan KFC (Khayangan Fried Chiken)?? Lantas apakah Arjuna seorang vegetarian?? gue gak tau, kalo ada yang bisa jawab, plis jawab di komen...

Nah, abis udah bermanuver dengan tarian-tarian, ada dialog berbahasa jawa, yang isinya kurang lebih gini:
subtile bahasa anak SMA turned on
B : Nak, lo udah punya calon suami dari negeri seberang belom?
A1 : Belom nih, gue belom siap. Kayaknya gue masi pengen ngurus diri sendiri.
B : Kalo lo? (nanya sama anak ke dua)
Jazman : MENURUT ELLLL???
Gue : IHHH.. sapa yang nanya lo jaz??? lo kira lo laku di dunia wayang??NGGAAK! pergi lo sana jaz!!! gue panggil trantib nih..
Jazman : Iya deh, ampun..Bagus ganteng.. (lantas pergi kayak tuyul kegep nyolong)
*balik lagi ke pertanyaan
A2 : Gue juga belom siap ni be...
B : Halah, gimana sih lo?? Gue pengen punya cucu sebelom gue mati nih.. Pokoknya lo berdua mesti kawinsecepetnya!!!!

*sekejap gue mau berada di adegan itu, dan nawarin diri gue sebagai calon suami mereka BERDUA.. gue bakal bawa alat-alat canggih dari abad dimana gue hidup, kayak hp, mp3 player, kamera, dan apa aja yang mereka gak tau.. terus mereka kagum sama gue, dan mau gue nikahin... heheheheheee...

Fina : In your wet dreaaaaaammm!!!

iya, gue cuma mimpi...
Abis itu, tiba-tiba dateng dua orang yang jelek, giginya tonggos, gak pake baju, mukanya dicat merah, dan rambutnya panjang, keriting sebahu. Gue aja sempet bingung, bedain yang mana bulu ketek yang mana rambut.. yang jelas, biarpun mirip, orang ini bukan jazman..

Dua orang itu katanya minta diruwat sama bokapnya ISTRI GUE.
*Plak!!! gue digampar ..

Dua orang itu katanya minta diruwat sama bokapnya CALON ISTRI gue.
*Plak!!! gue digampar lagi ..

Dua orang itu katanya minta diruwat sama bokapnya GADIS-GADIS.
*Plak!!! gue tetep digampar ..( what the?? )

OKEEE!!!! DUA ORANG RAKSASA ITU MINTA DIRUWAT!!!!
*gue selamat, horray!!!

sebelumnya gue pernah nanya ke bokapnya kak Bagus tentang arti ruwat. Udah dijelasin siih, Tapi tetep aja gue gak ngerti ruwat itu apaaa..

Nah, abis minta, bokapnya nolak gara-gara gak bisa ngeruwat (makin binguung apa artinya ngeruwat). Terus si raksasa ngancem, kalo gak diruwat, katanya mereka bertiga (bokap sama anak-anaknya) bakal dimakan..
* Gue langsung kepikiran bahwa 2 orang ini adalah orang Purbalingga, yang dimana keturunan ke sekiannya berhasil terkenal di Indonesia, yaitu SUMANTO. Mungkin mereka adalah nenekmoyangnya sumanto.,..

Abis itu pada berantem deh.. berantemnya sih rada konyol, soalnya gerakannya masih kayak nari.. Coba mereka ikut Perisai Diri, gue jamin lebih punya TASTE..

Nah abis itu ada gunungan lagi, dan iklan.. gue ganti channel deh...
Walau beberapa menit, gue dapet pelajaran bahwa gue harus melestarikan budaya jawa, tanah kelahiran gue. beban gue juga sih, soalnya gue make nama RADEN. Gue juga ngajak lo-lo yang gak pernah nonton kebudayaan ASELI INDONESIA, ayo dong, hargai seni negeri sendiri.. Lo kan orang Indonesia,,,...

Nah,, segini dulu yah postingan gue.. Semoga lu bisa dapet hikmahnya...

3 comments:

jazmanyun said...

HEH! bayar royalti make-make nama gue! Rp 2000 *buset murah amat royalti nama gue* ! eh lo komen-komen juga dong ke bloggue! lg sepi komen nih. uhuhuu.

Reza Rahutomo said...

Wuatt??
Memet belami u sed?

Ikan Pembawa Hura-Hura said...

uwoi!!!

mantep-mantep...

maklum, pertama kali buka.




sep dah pokoknyah!