Saturday, June 6, 2009

Masalah Malaysia-Indonesia dari kacamata bodoh gue

Huoi gue ngepost lagi akhirnya. haha..

Sebelumnya, disini gue gak mbela siapa-siapa. gue cuma mau share aja opini gue. oke?

Hemm, saudara-saudara sekalian tau kan kalo belakangan ini hubungan Indonesia sama Malaysia agak terganggu. Menurut lo gimana? Apakah ini layak terjadi?

Kalo menurut gue nggak. Sama sekali enggak. Coba deh, bangsa yang hampir mirip, berbudaya sama (melayu), dan berbahasa hampir sama, mayoritas muslim juga, kok bisa bisanyaa gitu saling mencela dan menghina. nggak banget.

Biasanya, tentang keanekaragaman budaya yang suka diperebutkan.

1. lagu rasa sayange
Menurut gue, Malaysia dan Indonesia memiliki citarasa kharisma seni yang hampir sama. so, gue gak heran aja kalo misalnya ada yang sama gitu. ibaratnya gini deh. Indo dan malay adalah seudara kembar (nyaris) identik. Wajar dong kalo DNAnya agak agak sama?



Menurut gue, Toh ada juga kan kemungkinan kalo sang pencipta lagu itu memang sengaja bikin tuh lagu buat menjalin kasih sayang antara Indo Malay. Jadi kedua bangsa itu memiliki lagu yang sama??

2. batik
Batik katanya sih diambil malaysia juga. padahal setau gue batik asalnya dari India, dibawa ke Indonesia teru didagangin. kalo masuk ke Indo, masuk ke Malaysia juga dong?

3. Keris
Senjata tradisional ini juga KATANYA diklaim Malaysia. padahal menurut gue, kalo yang namanya senjata itu bisa aja dipengaruhi oleh teknologi yang lebih bagus di masanya. Mungkin menurut malaysia, keris itu bagus. Mereka improve lah.. Yah, kalo dikasi contoh: Blackberry keluar, Nokia bikin E-71. gitu lah kira-kira. haha.

4. Peci Hitam
Wets, ini kan jelas banget. Peci adalah alat untuk menyempurnakan Ibadah Shalat. Untuk mencegah rambut menutupi dahi ketika lo bersujud. Nah, kan kedua negara ini muslim juga. So? Masalahnya apa?

5. Petronas Tower mirip Prambanan
Yaelah, emang Prambanan asli arsitektur Indonesia? Prambanan itu arsitektur Hindu. Bukan Indonesia. Terus lagian udah keliatan banget yang atu jakung yang atunya lagi cebol. haa..

yah, pokoknya banyak deh yang laennya..

INTINYA

gue agak menyesalkan masyarakat Indonesia yang gak mau mencari asal usul sebuah masalah. Cuma ngikutin arus, dan dengan mudah nya mencaci maki bangsa lain, yang seharusnya jadi saudara kita. MANA KEPRIBADIAN BANGSA INI?

bangsa yang ramah, harusnya menyelesaikan masalah dengan kesabaran dan penuh hati-hati. bukan dengan emosi. apalagi tanpa pendirian yang ga jelas. ikut-ikutan mulu.

apalagi ada yang sampe ngehack situs-situs malaysia. yaampun, Indonesia teknologinya udah sebagus apa sih berani2nya ngehack situs orang. Mana akidah kita? Apakah gini yang namanya menyelesaikan masalah? yang ada juga nambah masalah..

5 comments:

Raissa Sabrina said...

nice post ka :)
di link exchange yaaaa!

Nitami Ichi (Puriichan) said...

okem okem.. indonesia kan main jebret aja terus menghakimi sesuatu tanpa mengetahui persoalannya sebelumnya. susyah sih hidup di bangsa yang tinggal terima jadi... bweeeh~

natsufurin said...

hemm..
gw agak ga setuju sih sama penjelasannya,well,untuk siapa siapa yg salah itu..masing2..
ya knp Indonesia ga bs ngejaga budayanya sendiri,tp emg susah sih,segitu banyak..

1.lagu ap d td? rasa sayange? gw blm dgr sih,cuma,kan skrg bnyk tuh plagiat2,nah gw prcaya klo ad kmiripan y wjar aj,dlm pmbuatan suatu karya sering trjadi hal2 kyk gt,tp yg pasti ga sama persis bener2 sama dong? Malaysia n Indonesia memang serumpun,tp arti kata 'percuma' aja beda..

natsufurin said...

2.batik dan prambanan
batik from India,is that true?? gw bru tau n dgr,bysny klo bljr sejarah-harusny sih dkasih tau..
tp gw pkir ttp itu budaya asli Indonesia,krn ga mutlak bner2 dr India,sifat asli bangsa Indonesia itukan suka mengakulturasikan budaya2 yg mrk trima dgn kbudayaan asli mrk,sprti halny Prambanan.
aplg Borobudur..punden berundak2nya kan Indonesia bngt,he3

mslh konflik antara Indonesia dgn Malaysia jg sbenerny bkan cm bru2 ini..pas pemerintahan Ir.Soekarno jg kan

damai aj tp jgn bodoh

Unknown said...

lagu rasa sayange ada kemiripan? dan juga di permasalahkan?

coba deh liat lagunya the cangcuters yang judulnya " i love you bibeh "
itu ada kemiripan dengan lagunya Rolling stones yang judulnya " Honky Tonky Woman ". but mereka ga pernah masalahin itu lagu hampir sama....

ya kita sebagai bangsa yang punya budi pekerti dan berpendidikan harusnya menyadari akan hal seperti itu... bahwa semua seni itu hampir sama... tetapi mempunyai ciri khas masing2.....

konsep candi prambanan dengan petronas memang agak sedikit sama... tapi saya tuturkan kembali seni itu hampir sama tetapi mempunyai ciri khas masing2... karena yang mengkonsep bangunan itu adalah orang yang mengerti seni...yang dimana irisan seni itu adalah desain... nah maka dari itu orang yang mendesain menara petronas dan prambanan itu adalah seniman.... ya gak usah jauh2 sekarang rumah yang kita tinggali itu desainnya siapa? ga tau kan? asalnya darimana? apa pernah kita bertanya2? jadi ga usah ributin masalah candi prambanan dan menara petronas.

maaf apabila ada penulisan kata yang salah. itu segi pandang dari saya melihat dari konsep seni nya....